INKARNASI KRISTUS SANG MESIAS

 

            Meskipun kata inkarnasi tidak ada dalam Alkitab, namun komponennya ada (dalam dan daging). Pada Yoh. 1:14 “Firman itu telah menjadi manusia, dalam Bahasa Yunaninya ‘Sarks’ yang arti harfiahnya adalah daging, hal ini menunjuk kepada kedatangan Yesus sebagai manusia (1 Yoh 4:2; 2 Yoh.7). Maksudnya adalah bahwa pribadi kedua Tritunggal mengambil rupa manusia bagi diriNya sendiri (Roma 8:3, mengutus anak-Nya sendiri dalam daging).

1.      Nubuat tentang Manusia-Allah

      Pada Yes. 9:6. Ia menyatakan bahwa seorang anak akan dilahirkan (petunjuk bagi manusia) dan bahwa sifat-Nya sedemikian rupa dengan Allah (el gibbro, petunjuk bagi Keallahan). Nama Immanuel menyingkap kebenaran tentang Allah (Yes. 7:14). Bukan hanya kehadiran-Nya dalam pemeliharaan-Nya, namun dalam ayat ini menunjuk kelahiran Putra-Nya dari seorang perawan, yang membawa “Allah” dalam diri-Nya.

2.      Nubuat tentang Kelahiran dari Perawan (7:14)

       Dalam hal ini Yesaya menubuatkan kelahiran Mesias melalui “perawan” untuk kata Ibrani almah yang berarti seorang muda perawan yang betul-betul siap dikawinkan. Jadi, Matius jelas melihat Kristus sebagai penggenapan nubuat Yesaya.

3.      Cara Inkarnasi

      Setelah digenapi, Inkarnasi itu adalah pernyataan Allah yang abadi. Ketika Gabriel mengatakan bahwa “Roh Kudus akan turun ke atas mu dan kuasa Allah akan menaungi engkau. Kata “yang melahirkan” (Mat 1:16) dalam Bahasa Yunani nya adalah bentuk tunggal untuk wanita, artinya jelas bahwa hanya menunjuk dari Maria seorang, bukan dari Maria dan Yusuf. Demikian pada saat itulah, secara bersamaan "Firman Allah" yang disampaikan melalui Gabriel "menjadi daging" dalam diri Maria.

 

Posting Komentar

0 Komentar